Searching...
Sunday 28 October 2012

Mengaktifkan eth0 di linux 2.6.3.2-5 amd64

Sunday, October 28, 2012
Ini kejadian di laptop kawan saya yaitu Acer Aspire 4253, dia sudah berusaha mencari solusi ke mana-mana terutama mbah Google  tapi usahanya itu sia-sia. Akhirnya saya ikut turun tangan karena saya kasihan dengan dia yang ingin membuat Administrasi Server di Linux sebagai tugas dari sekolah.

Pertama silahkan unduh terlebih dahulu linux kernel 3.6.1 di sini, Dan berikut tahapan-tahapan yang saya lakukan ketika meng-upgrade kernel 3.6.1.

Ekstrak kernel yang sudah di unduh
# tar xfvj linux-3.6.1.tar.bz2

Pindahkan ke direktori /usr/src
# mv linux-3.6.1 /usr/src/

Masuk ke direktori linux-3.6.1
# cd /usr/src/linux-3.6.1

Install terlebih dahulu beberapa dependensi untuk dukungan kompilasi nantinya
# aptitude install build-essential qt4-dev-tools ncurses-dev

Konfigurasi dari kernel yang akan di compile. Pada pengaturan ini saya membiarkannya tetap default dan pilih Save an Alternate Configuration File, selanjutnya >> Exit
# make menuconfig
# make
# make modules

Jika terjadi error, lakukan seperti berikut
# make CONFIG_DEBUG_SECTION_MISMATCH=y

Instalasi modul-modul kernel
# make modules_install

Instalasi kernel 3.
6.1
# make install

Membuat Initial ramdisk image
# cd /boot
# mkinitramfs -o initrd.img-3.6.1 3.6.1

Perbaharui grub dengan perintah
# update-grub

Setelah itu reboot komputer anda dengan perintah
# reboot 

Selesai.

0 comments:

Post a Comment